Kuis +50 poin dari kexcvi: Isi dengan COTANGENT / COSECANT / SECANT __________: 1/sinus __________: 1/cosinus __________: 1/tangent
1. Kuis +50 poin dari kexcvi: Isi dengan COTANGENT / COSECANT / SECANT __________: 1/sinus __________: 1/cosinus __________: 1/tangent
cosecan = 1/sinus
secan = 1/cosinus
cotangen = 1/tangen
Pembuktian :sinus = a/c
1/sinus = c/a
cosecan = c/a
cosecan = 1/sinus
cosinus = b/c
1/cosinus = c/b
secan = c/b
secan = 1/cosinus
tangen = a/b
1/tangen = b/a
cotangen = b/a
cotangen = tangen
Kesimpulan :[tex] { \sin }^{ - 1} ( \alpha )= \csc( \alpha ) [/tex]
[tex] { \cos }^{ - 1} ( \alpha ) = \sec( \alpha ) [/tex]
[tex] { \tan}^{ - 1} ( \alpha ) = \cot( \alpha ) [/tex]
Dalam segitiga, sisi sisinya juga dinamakan :
a = tinggi = depan
b = alas/atap = samping
c = miring
cosecan = 1/sinus
secan = 1/cosinus
cotangen = 1/tangen
DETAIL JAWABAN:MAPEL:MTK
KELAS: VIII (7)
BAB:7-BELAJAR COTANGENT / COSECANT / SECANT
KODE:7.27
2. Apa yang dimaksud tangent jawab yaa
tangen itu sudut depan per sudut lain, atau sederhananya tangen itu adalah hasil dari sinus bagi cosinus
3. rumus tangent jumlah dua sudut adalah....
[tex] \tan( \alpha + \beta ) = \frac{ \tan( \alpha ) + \tan( \beta ) }{1 - \tan( \alpha ) \tan( \beta ) } [/tex]
semoga membantu
[tex] \tan( \alpha + \beta ) = \frac{ \tan( \alpha ) + \tan( \beta ) }{1 - \tan( \alpha ) \tan( \beta ) } [/tex]
4. bagamana cara menghapal sin cos tangent dengan mudah dan cepat sampai 360 derajat pleeease d jawab ya buat ujian bsk
buat tabel nya aja dulu sampe 360 derajat...
sebenarnya cara termudah adalah dgn belajar secara lgsg dgn org yg menguasainya.
Kalau cara mudah hafalnya yaa sebenarmya sincos tsb cuman dibalik². kalau tan tinggal ingat sin dan cos. nilai tan kam sin/cos.
sulit menjelaslannya, kalau face to face ane bsa. Lbh baik cari org aja yg bisa ngajarin Secara LANGSUNG.
5. Garis singgung lingkaran ( tangent line)
i don't really understand English at number 1, so I will help u at number 2 brother
35²-28²
√441
21
6. Tangent line to a curve. Find the slope and the equation of the tangent line to a curve.(5 points each)f(x)= x2-8x+4 at x=4f(X)= 3x2+16x+8 at x=5f(x)= x2+2x+2 at x=2
Jawaban:
1) f(x)= x²-8x+4 at x=4
f'(x) = 2x-8
slope of the tangent line:
m = 2(4)-8 = 8-8 = 0
equation of the tangent line:
x = 4
y = 4²-8(4)+4 = -12
y-(-12) = m(x-4)
y+12 = 0(x-4)
y = -12
2) f(x)= 3x²+16x+8 at x=5
f'(x) = 6x+16
slope of the tangent line:
m = 6(5)+16 = 30+16 = 46
equation of the tangent line:
x = 5
y = 3(5)²+16(5)+8 = 163
y-163 = m(x-5)
y-163 = 46(x-5)
y = 46x-230+163
y = 46x-67
3) f(x)= x²+2x+2 at x=2
f'(x) = 2x+2
slope of the tangent line:
m = 2(2)+2 = 4+2 =6
equation of the tangent line:
x=2
y=2²+2(2)+2 = 10
y-10 = m(x-2)
y-10 = 6(x-2)
y = 6x-12+10
y = 6x-2
7. diketahui segitiga abc siku siku di b.jika tangent sudut a=5\12 maka nilai sinus a adalah
langkah:
1. gambar segitiga siku siku di b
2. karena diketahui tan sudut a = 5/12, berarti panjang di depan sudut adalah 5 dan samping sudut adalah 12
3. untuk mencari sin sudut a, kita perlu mencari terlebih dahulu berapa panjang sisi miringnya. cari dengan rumus phytagoras
4. sin sudut a adalah perbandingan panjang depan sudut a dengan sisi miringnya
untuk penyelesaian sudah ada di gambar
8. Sebuah peluru ditembakkan sedemikian rupa sehingga jauh tembakkanya sama dengan 2 kali tinggi maksimum. tentukan nilai tangent sudut elevasi tembakan
X max = 2 Y max
Tan α = ___?
Jawab :
tan α = 4.Y max / X max
tan α = 4. Y max / 2. Ymax
tan α = 4 / 2
tan α = 2
9. Y³-X²Y=8 adalah persamaan kurva . carilah kemiringan dan persamaan garis tangent pada titik (3.1)
Penjelasan dengan langkah-langkah:
8³-x² Y=8
jawaban:512-x²= x²=512
x=512/2=256
maka tangent=256
10. Tentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangent) dari sudut setiap gambar
sin theta = 1/2
cos theta = 3/2
tangent theta = 1/3
11. fisika berikan tabel sin cos tangent
ni tabel nya ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
12. Problem 2 : Carilah persamaan garis tangent yang menyinggung y = x² - 2x + 2 dititik ( 1 , 1 )
Jawaban:
Garis yg menyinggung y, apabila x = 0:
y = x² - 2x + 2
= (0)² - 2(0) + 2
= 2
Jadi, garis yg menyinggung y adalah (0,2)
13. nilai tangent sudut antara bidang ACH dengan bidang ABCD. jiks panjang masing-masing rusuk 12cm. makasih:-)
tengah AG=o
[tex]Do = \frac{1}{2} \sqrt{12^2+12^2} =6\sqrt{2} [/tex]
[tex]Ho = \sqrt{12^2 +(6 \sqrt{2} )^2} =6 \sqrt{6} \\ tan \alpha = \frac{12}{6 \sqrt{6} } = \frac{1}{3} \sqrt{6} [/tex]
14. tolong dibantu ya . makasih :)29 dan 30Temukan semua titik ketika garis tangent horizontal ...
Titik-titik tangen horizontal pada fungsi (29) tersebut adalah [tex]\bf (0,1)[/tex]dan[tex]\bf (-2,-\frac{1}{3})[/tex]
Titik-titik tangen horizontal pada fungsi (30) tersebut adalah [tex]\bf (0,-1)[/tex]dan[tex]\bf (2,\frac{5}{3})[/tex]
PEMBAHASAN
Turunan atau Derivatif merupakan pengukuran terhadap fungsi yang bagaimana akan berubah seiring perubahan nilai input.
.
Definisi dari turunan fungsi [tex]f[/tex] adalah fungsi lain (dibaca " [tex]f[/tex]aksen") yang nilainya pada sebarang nilai c adalah
[tex]f'(c)= \lim\limits_{h \to 0} \frac{f(c+h)-f(c)}{h}[/tex]
Asalkan limitnya ada
.
Dari definisi tersebut memunculkan aturan-aturan sebagai berikut :
1. [tex]f(x)=k\ \ \to\ \ f'(x)=0,\ \ k:konstanta[/tex]
2. [tex]f(x)=x\ \ \to\ \ f'(x)=1[/tex]
3. [tex]f(x)=x^n\ \ \to\ \ f'(x)=nx^{n-1}[/tex]
4. [tex]h(x)=kf(x)\ \ \to\ \ h'(x)=kf'(x)[/tex]
5. [tex]h(x)=f(x)+g(x)\ \ \to\ \ h'(x)=f'(x)+g'(x)[/tex]
6. [tex]h(x)=f(x)-g(x)\ \ \to\ \ h'(x)=f'(x)-g'(x)[/tex]
7. [tex]h(x)=f(x).g(x)\ \ \to\ \ h'(x)=f'(x)g(x)+f(x)g'(x)[/tex]
8. [tex]h(x)=\frac{f(x)}{g(x)}\ \ \to\ \ h'(x)=\frac{f'(x)g(x)-f(x)g'(x)}{g^2(x)}[/tex]
.
DIKETAHUI
29. [tex]f(x)=\frac{x+1}{x^2+x+1}[/tex]
30. [tex]f(x)=\frac{x^2+x-1}{x^2-x+1}[/tex]
.
DITANYA
Tentukan semua titik 29 dan 30 dimana garis tangen horizontal
.
PENYELESAIAN
Horizontal tangen dapat terjadi jika dimana
[tex]m_{tan}=f'(x)=0[/tex]
.
29. [tex]f(x)=\frac{x+1}{x^2+x+1}[/tex]
Kemiringan garis tangennya
[tex]f'(x)=\frac{\frac{d}{dx}(x+1).(x^2+x+1)-(x+1)\frac{d}{dx}(x^2+x+1)}{(x^2+x+1)^2}\\\\f'(x)=\frac{1.(x^2+x+1)-(x+1)(2x+1)}{x^2+x+1}\\\\f'(x)=\frac{x^2+x+1-(2x^2+3x+1)}{x^2+x+1}\\\\f'(x)=\frac{-x^2-2x}{x^2+x+1}[/tex]
.
Sehingga x pada horizontal tangen
[tex]0=\frac{-x^2-2x}{x^2+x+1}\\\\0=-x^2-2x\\\\x^2+2x=0\\\\x(x+2)=0\\\\x=0\ \cup\ x=-2[/tex]
.
Maka nilai y pada fungsi tersebut ketika [tex]x=0\ \cup\ x=-2[/tex]
[tex]f(0)=\frac{0+1}{(0)^2+0+1}=1\\\\f(-2)=\frac{-2+1}{(-2)^2-2+1}=-\frac{1}{3}[/tex]
.
Jadi, titik-titik tangen horizontal pada fungsi tersebut adalah [tex]\bf (0,1)[/tex]dan[tex]\bf (-2,-\frac{1}{3})[/tex]
.
30. [tex]f(x)=\frac{x^2+x-1}{x^2-x+1}[/tex]
Kemiringan garis tangennya
[tex]f'(x)=\frac{\frac{d}{dx}(x^2+x-1).(x^2-x+1)-(x^2+x-1).\frac{d}{dx}(x^2-x+1)}{(x^2-x+1)^2}\\\\f'(x)=\frac{(2x+1)(x^2-x+1)-(x^2+x-1)(2x-1)}{(x^2-x+1)^2}\\\\f'(x)=\frac{-2x^2+4x}{(x^2-x+1)^2}[/tex]
.
Sehingga x pada horizontal tangen
[tex]0=\frac{-2x^2+4x}{(x^2-x+1)^2}\\\\0=-2x^2+4x\\\\2x^2-4x=0\\\\x(2x-4)=0\\\\x=0\ \cup\ \ x=2[/tex]
.
Maka nilai y pada fungsi tersebut ketika [tex]x=0\ \cup\ x=2[/tex]
[tex]f(0)=\frac{(0)^2+(0)-1}{(0)^2-(0)+1}=-1\\\\f(2)=\frac{2^2+2-1}{2^2-2+1}=\frac{5}{3}[/tex]
.
Jadi, titik-titik tangen horizontal pada fungsi tersebut adalah [tex]\bf (0,-1)[/tex]dan[tex]\bf (2,\frac{5}{3})[/tex]
.
KESIMPULAN
Titik-titik tangen horizontal pada fungsi (29) tersebut adalah [tex]\bf (0,1)[/tex]dan[tex]\bf (-2,-\frac{1}{3})[/tex]
Titik-titik tangen horizontal pada fungsi (30) tersebut adalah [tex]\bf (0,-1)[/tex]dan[tex]\bf (2,\frac{5}{3})[/tex]
.
PELAJARI LEBIH LANJUT
Garis secant dan tangen : brainly.co.id/tugas/31363014
.
DETAIL JAWABAN
Kelas : x
Mapel : Matematika
Bab : Turunan
Kode Kategorisasi : x.x.x
Kata Kunci : Turunan Fungsi, dio.Turunan_Fungsi
.
#Learningwithdiorama
15. Pilihlah 5 dari nama-nama dalil geometri berikut : - dalil Pythagorash - dalil Proyeksi- dalil D'Ceva- dalil Menelaus- dalil Stewart - dalil Petholomeus/Ptolemy- Power of Point- teorema secant- teorema secant-tangent- formula HeronTulislah rumus dari nama-nama dalil yang dipilih tadi...! ( klo mau semuanya juga boleh )
~Formula [Rumus]
___________________
Saya akan memilih:
Dalil pythagorasFormula HeronDalil Petholomeus/PtomelyDalil De CevaDalil Menelaus——————————————————
» Pembahasan✧ Rumus Teorema pythagoras
Rumus Teorema pythagoras digunakan untuk menentukan sisi miring, sisi tegak, dan sisi alas pada segitiga
Permisalan:
m = sisi miring/hipotenusaa = sisi alast = sisi tegak→ t = √(m² - a²)
→ a = √(m² - t²)
→ m = √(t² + a²)
...
✧ Rumus Heron
Rumus Heron digunakan untuk menentukan luas pada segitiga sembarang, dan dirumuskan sebagai berikut.
➞ KΔ = √[s(s - a)(s - b)(s - c)], Dengan keterangan:
s → semiperimeter, dimana semiperimeter adalah ½ dari keliling segitigaa → sisi alasb → sisi tegakc → sisi miring...
✧ Rumus Ptomely/Petholomeus
Rumus Ptomely atau Petholomeus digunakan untuk
menentukan panjang segiempat, tali busur dan lain-lain, Untuk rumus Ptomely dirumuskan sebagai berikut
→ (AB × CD) + (AD × BC) = AC × BD
...
✧ Rumus De Ceva
Untuk rumus D'Ceva digunakan untuk menentukan panjang salah satu garis ataupun sisi pada segitiga, yang dirumuskan dalam bentuk persamaan sebagai berikut (Berdasarkan gambar pertama)
→ AD/DB× BE/EC× CF/FA = 1
...
✧ Rumus Teorema Menelaus
Untuk rumus Teorema Menelaus hampir sama dengan rumus D'Ceva karena hal itu Rumus Teorema Menelaus disebut dual dari Teorema D'Ceva, Rumus Teorema Menelaus dirumuskan sebagai berikut (Berdasarkan gambar kedua)
→ CD/DA × AF/BF × BE/EC = 1. Untuk rumus Teorema Menelaus sendiri sama seperti rumus D'Ceva yakni digunakan untuk menentukan panjang salah satu garis ataupun sisi pada segitiga.
——————————————————————
Catatan:
Untuk persamaan rumus pada Teorema De Ceva dan Teorema Menealus berdasarkan gambar atau lampiran, yang sudah teredia pada jawaban.16. Kuis +50 Poin: Lengkapi lirik lagu berikut dengan "depan", "miring", "samping". ♫♪♪ Untuk lebih mudah mengerjakan soal tentang trigonometri. Kamu harus tahu Sinus, Cosinus, Tangent. Sinus sama dengan sisi _____ dibagai sisi _______. Cosinus sama dengan sisi _____ dibagai sisi _______. Tangent sama dengan sisi _____ dibagai sisi _______. ♫♪♪
Jawaban:
"depan", "miring", "samping", "miring", "depan", "samping"
PembahasanSinus sama dengan sisi depan dibagai sisi miring .
Cosinus sama dengan sisi samping dibagai sisi miring .
Tangent sama dengan sisi depan dibagai sisi samping.
Untukmemudahkanpenghapalan
SinDemi => Sin=Depan/Miring
CosSaMi => Cos=Samping/Miring
TanDeSa => Tan=Depan/Samping
Detail JawabanMapel MatematikaKelas : Materi : TrigometriKode soal : 2Kode kategorisasi :Jawaban Sinus sama dengan sisi depan dibagai sisi miring Cosinus sama dengan sisi samping dibagai sisi miringTangent sama dengan sisi depan dibagai sisi sampingThanks
Maaf Kalau Kurang Penjelasan
17. Diberikan segitiga abc dengan ab = 39 cm dan bc = 40 cm. nilai tangent sudut b adalah ….
Diketahui;
ab = 39 cm
bc = 40 cm
ab
tan b = ------
bc
39
tan b = ------
40
b = 0,975
Jadi nilai tangen sudut b adalah 0,975.18. ****Math Solving**** ---Circles tangent--- If BC = CD and ∠ADB = 30° , ∠ABC = ... ? #NO_SPAM #GooD_Luck!
Kelas 8 Matematika
Bab Lingkaran
Sudut BAD = sudut BCD = sudut keliling dari diameternya
BD = diameter, maka
Sudut BAD
= sudut BCD
= 1/2 . BD
= 1/2 . 180°
= 90°
Pada segitiga ABC
Sudut ABC
= 180° - 90° - 30°
= 60°
Pada segitiga BCD, karena BC = CD, maka ini adalah segitiga siku-siku sama kaki
Sudut CBD + sudut CDB + sudut BCD = 180°
Sudut CBD + sudut CBD + 90° = 180°
2 . Sudut CBD = 180° - 90°
Sudut CBD = 90°/2
Sudut CBD = 45°
Sudut ABC
= sudut ABD + sudut CBD
= 60° + 45°
= 105°
19. Given that y = sin x cos 2xfind the equation of tangent when x = π
Jawaban:
kalian cari aja D Google ya saya kalau pelajaran begitu gk tau maap ya
20. Draw the circles described below, and find their equations : a. Center (-1, 2), radius 6. b. Center (4, 0), tangent to the line x = 8. c. Center (3, 4), tangent to the line 8 y = 15 - 6 x.
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah:
lingkaran
soal
a. P(a,b) , r ⇒L≡ (x - a)² + (y -b)² = r²
P(-1,2) r = 6 ⇒ L≡(x + 1)² + (y - 2)²= 6²
(x + 1)² + (y - 2)²= 36
x² + y² + 2x - 4y -31= 0
b. P(4,0) , r = jarak P ke garis x =8
r= 8-4 = 4
(x - 4)² + (y - 0)² = 4²
(x - 4)² + (y)² = 16
x² - 8x + 16 + y² -16= 0
x² + y² -8x = 0
c. P(3,4), r = jarak P ke 8y = 15 - 6x
r= P(3,4) ke 6x +8y - 15= 0
[tex]\sf |r| = \dfrac{6(3)+ 8(4) - 15}{\sqrt{6^2+8^2}} =\dfrac{35}{10}[/tex]
L≡ ( x- 3)² + (y- 4)² = (7/2)²
( x- 3)² + (y- 4)² = 49/4
4(x - 3)² + 4 (y- 4)² = 49
0 Comments:
Post a Comment